Kamis, 27 Oktober 2011

Jalan-Jalan Ke Taman Kota ^_^,,

Ditengah hiruk pikuknya polusi & padatnya lalu lintas ibukota Jakarta & juga kota Tangerang, dibutuhkan sebuah tempat dimana kita dapat sejenak melepas lelah, melakukan relaksasi dan sekaligus berolahraga. Adalah suatu tempat di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang yang bernama Taman Kota yang dapat memenuhi kriteria ini.
Yupz.. kegiatan hari ini kita akan menelusuri Taman Kota yang ada di Kota Tangerang. Ada 2 Taman Kota di Kota Tangerang ini.. Taman Kota 1 terletak di depan sekolah Al Azhar (dekat Giri Loka 3), sedangkan Taman Kota 2 terletak di Taman Tekno.
Lokasinya mudah dicapai, dari jalan raya Cikokol ambil arah ke BSD, lalu di depan BSD Junction ambil jalur kiri yaitu jalan yang menuju tol Bintaro / Pondok Indah. Lokasinya berada di sebelah kanan jalan. Ada papan petunjuk di depan kawasan Taman Kota ini.


Untuk masuk ke Taman Kota, tidak dipungut bayaran sama sekali, bahkan parkir pun tidak bayar, kecuali parkir motor karena ada petugas  khusus yang menjaga keamanan motor. Tempatnya cukup bersih dan rapih, di pintu masuk berjajar rapi kios para penjual makanan dan minuman, tidak terlihat pedagang asongan yang seringkali mengganggu kenyamanan pengunjung.

Deskripsi Taman Kota, adalah hamparan lahan yang cukup luas di tanami oleh masyarakat tumbuh-tumbuhan, yang di kuasai oleh pepohonan dan tanaman yang merupakan persekutuan alam lingkungan yang satu dengan yang lainnya tidak dapat dipisahkan serta dapat dipandang sebagai suatu kesatuan ekosistem perkotaan. (Rachmat, 2004 - warga Giri Loka 3)
Fungsi :
1. Laboratorium Alam / Botani ( sumber keanekaragaman hayati dan plasma nutfah)
2. Sebagai Paru-Paru Kota ( menyerap c02 dan hasilkan 02)
3. Pengatur Fungsi Hidrologi ( melindungi kesuburan tanah dan air)
4. Sarana Ilmu Pengetahuan, Penelitian dan Pendidikkan Lingkungan
5. Sarana Wisata / Rekreasi dan Olahraga.


Taman Kota 1 ini dibangun di atas lahan seluas 2,5 ha dan memiliki 60 jenis tanaman dengan total 2000 batang pohon, sungguh menjadi paru-paru kota. Rasa teduh langsung terasa begitu memasuki kawasan ini, bahkan di saat teriknya matahari. Pohon2 yang rindang berjajar rapi, rumputnya pun terlihat terawat dan kawasan ini terlihat bersih dari sampah, terdapat tempat sampah di sepanjang kawasan dan papan peringatan untuk menjaga kebersihan. Papan petunjuk yang menjelaskan nama pohon membuat kawasan ini dapat sekaligus sebagai wahana untuk menambah ilmu untuk kita, bahkan terdapat beberapa papan informasi yang menjelaskan tentang jenis daun dan juga jenis2 kayu.
  











Terlihat disana ada taman bermain yang dilengkapi dengan permainan ketangkasan, serta ada jalur untuk jogging (jogging track) yang memutari kawasan ini, lengkap dengan petunjuk jarak, sehingga kita dapat mengetahui berapa jarak yang sudah kita tempuh. 


Taman Kota 1 BSD
Lokasi : Depan sekolah Al Azhar (dekat Giri Loka 3)
Fasilitas : plaza dan panggung, jogging track, fitness ground, acupuncture walk, tempat bermain anak, papan pendidikan lingkungan, dan kios jajanan.
Jam operasional : 05.30 – 18.00



Baiklah, kita tinggalkan Taman Kota 1, kita meluncur ke Taman Kota BSD 2 ...  
SERPONG - Tepatnya di Jalan Buaran-Rawa Buntu, BSD Selatan Desa Ciate kawasan Danau buatan atau sekitar 5 km dari ITC BSD.

  

Definisinya nggak terlalu beda dengan Taman Kota 1, jadi, disini gue kasih poto2nya ajah yaa .. ^^
Kita harus menelusuri jembatan merah untuk dapat menikmati taman ini ..







Nahh, bagus kan tempatnya ....
coba deh jalan-jalan kesana .....
udah yaa .... mau pulang .. hehe
wassalam ^^




2 komentar:

  1. tq ya jd pgn ksana nih :)

    BalasHapus
  2. lumayan nih di bsd ada taman kota dan bagusnya lagi dibuka untuk umum baik taman kota 1 maupun taman kota 2 , malah infonya mo ada taman kota 3 yang lokasinya dekat Apartemen Cassa De Parco BSD smoga aja bs lebih gede lagi... hehehehehe

    BalasHapus